5 Panduan Bagaimana Cara Memilih Bisnis Usaha Terbaik untuk Anda

DALAM memilih dan menentukan bisnis usaha apa yang akan dijalankan, semuanya butuh proses, baik itu dari sisi pengenalan lingkungan, menganalisa resiko kerugian, tempat berdirinya bisnis usaha, dan berbagai persoalan lainnya.

5 Panduan Bagaimana Cara Memilih Bisnis Usaha Terbaik untuk Anda

Beberapa orang beranggapan bahwa menjadi bos dalam dunia bisnis merupakan hal yang cukup keren. Oke, saya akui itu. Apalagi jika didukung dengan pendapatan perbulannya yang cukup tinggi. Waahh...

Diatas adalah impian Anda, bukan? Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis usaha, apalagi jika bisnis tersebut merupakan bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah).

5 Panduan Bagaimana Cara Memilih Bisnis Usaha Terbaik untuk Anda


#1. IDE, BAKAT & KETEKUNAN ADALAH MODAL PALING PENTING

Banyak orang yang mengira bahwa mempunyai banyak modal dalam bentuk uang sangat mudah untuk membangun bisnis usaha. Benar, membangunnya mudah, namun jika tidak didukung dengan manajemen yang baik dan benar, kemungkinan besar adalah bisnis usaha Anda mengalami kebangkrutan.

Ide, bakat dan ketekunan adalah tiga modal awal dan yang paling penting dari pada uang. Pembahasan ini sudah saya jelaskan diartikel sebelumnya. Sila di simak baik-baik, 3 Modal Penting dalam Membangun Bisnis Usaha Mandiri.

#2. MENGANALISA JENIS USAHA APA YANG AKAN DIJALANKAN

Membangun bisnis usaha tidak sembarangan karena proses awalnya membutuhkan penelitian dan analisa untuk menghindari yang namanya kegagalan dalam dunia bisnis (berbisnis).

Menganalisa jenis usaha apa yang akan dibangun merupakan hal yang patut ditinjau terlebih dahulu. Secara sederhana, saya jabarkan dibawah ini agar lebih mudah dipahami:

  1. Jenis usaha adalah yang diminati; akan lebih baik jika ditunjang dengan hobi, keahlian dan pengalaman Anda
  2. Mengerti terkait potensi apa yang ada di jenis usaha tersebut
  3. Memilih dan menentukan lokasi dimana bisnis usaha tersebut didirikan
  4. Menyusun perencanaan pemasaran yang akan dilakukan oleh Anda untuk memasarkan usaha tersebut
  5. Mengetahui tingkat persaingan
  6. Memahami resiko kegagalan seberapa besar; dan
  7. Masih banyak lagi analisa yang wajib dipikirkan secara matang

#3. MERENCANAKAN KONSEP BISNIS YANG DIBANGUN

Konsep itu sebenarnya luas, namun yang dibahas kali ini adalah awal dalam membangun bisnis. Salah satu contoh konsep bisnis adalah modal. Alhamdulillah jika modal bisnis merupakan uang kita sendiri, tanpa harus meminjam ke BANK untuk melakukan pendanaan awal di bisnis usaha yang akan dibangun.

Lebih dari itu, ada beberapa konsep lagi yang wajib Anda perhatikan, diantaranya adalah seberapa banyak uang dibutuhkan untuk memulai bisnis usaha, apa-apa saja yang perlu dilakukan, kapan, kemana dan dimana tujuan Anda selanjutnya.

#4. MODAL ADALAH SALAH SATU FAKTOR PENTING DALAM BERBISNIS

Modal itu sifatnya mutlak, baik itu waktu, uang dan tenaga yang dikerahkan oleh Anda pada bisnis yang dibangun atau pun pada bisnis yang sedang dikerjakan.

Modal dapat dihasilkan dari hasil menabung, meminjam ke bank, modal dari investor atau sistem partnership (kerja sama). Anda juga bisa menjalankan bisnis tanpa modal dengan cara menjadi reseller dari suatu produk atau barang.

#5. IZIN USAHA LEGAL & DIAKUI HUKUM

Yang namanya menentukan dan memilih bisnis usaha yang terbaik bagi Anda adalah bisnis yang tidak menyalahi hukum dan aturan yang diberlakukan oleh negara tersebut. Ada beberapa hal yang wajib ditaati, diantaranya adalah:

  • Produk, barang, jasa atau layanan diberikan tidak menyalahi Undang-Undang yang berlaku
  • Nama bisnis usaha tidak mengikuti bisnis usaha orang lain untuk menghindari tuntutan dan pencemaran nama baik bisnis usaha tersebut
  • Dokumen-dokumen penting organisasi
  • Menentukan struktur hukum untuk usaha Anda
  • Mengurus surat perizinan membangun bisnis usaha, akta pendirian perusahaan, nama dan hak atas perusahaan, pengakuan dan pengesahan, serta berbagai hal penting lainnya

KESIMPULAN MEMILIH & MENENTUKAN BISNIS USAHA YANG DIBANGUN

Setelah ke lima persoalan diatas sudah Anda selesaikan, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara Anda me-manajemen bisnis tersebut, serta bagaimana Anda memperluas jaringan bisnis Anda. Good luck!
Previous
Next Post »