Peluang Usaha Menguntungkan dari Parutan Ampas Kelapa

Ternyata kelapa memang buah yang sangat awesome, selain rasanya yang enak, buah ini juga memiliki nilai jual yang sangat menguntungkan. Banyak sekali pengolahan kelapa yang ada di negri kita ini, mulai dari es kelapa, kopra, minuman, bahan kue, dan lain sebagainya yang tentunya banyak diminati dan sering kita jumpai. Namun saya akan sedikit membahas tentang usaha parut kelapa, dan ini adalah usaha teman saya sendiri yang membuat saya kagum.

Usaha parut kelapa teman saya dimulai beberapa tahun yang lalu, berbekal modal pas-pasan dan pengalaman di bidang perdagangan, teman saya nekad menyewa sebuah kios kecil di pasar, dia membeli mesin parut kelapa dan mulai berjualan ampas kelapa. Hanya membutuhkan waktu satu tahun saja, usahanya sudah semakin maju, kini dia sudah tidak bekerja untuk menjalankan usahanya tersebut, karena dia sudah memiliki pegawai dan pelanggan setia, kerja kerasnya sudah menghasilkan. Sempat saya berbincang-bincang dengannya tentang usahanya tersebut, ternyata usahanya tersebut masih jarang dilirik oleh orang lain karena dianggap kurang bernilai, secara harga jual ampas kelapa hanya berkisar 4-5rb perbutirnya. Namun ternyata kenyataannya berbeda, dengan penjualan yang hanya berkisar 5rb itu, dia mendapatkan keuntungan hampir 2x lipat, jadi dia hanya membeli kelapa dari para petani dengan harga 2ribu saja, ditambah biaya operasional maka keuntungan bersih yang didapatkan perbutir kelapa, bisa mencapai 2-3rb, sedangkan dalam satu hari saja, paling tidak dia menghabiskan 200-300 butir kelapa, jadi kalau dijumlahkan dalam satu hari dia mendapatkan keuntungan sebesar Rp 500.000, 00, dan itu didapat hanya dengan 5 jam kerja saja (5-10pagi), melayani pelanggan yang datang langsung dan mengisis orderan dari rumah makan langganan yang ada di sekitar pasar. Bayangkan saja satu hari mendapat 500rb, kalau satu bulan sudah bisa untung 15 juta, hanya dengan kios kecil di pasar. Tak berhenti di situ, ternyata buah kelapa memang memiliki nilai jual yang lain, mulai dari serabutnya, batok kelapa, dan bahkan air kelapa juga dijual, dalam satu bulan dari penjualan limbah kelapa tersebut, teman saya bisa mengumpulkan uang hingga 1juta loh.

Usaha parutan kelapa ini masih jarang diminati, mungkin karena ketidaktahuan informasi nilai jual dan keuntungannya, atau mungkin juga karena dinilai terlalu ribet prosesnya, namun jika mengetahui keuntungan yang bisa didapatkan, sepertinya kita harus mencobanya, 15 juta perbulan gan? Apa gak ngiler coba! Kerja cuma 5 jam, dan persaingan masih sangat minim karena bukan barang pokok namun barang pokok (bagi rumah makan). Banyak sekali yang tidak kita sadari dalam hidup ini, kayaknya kalau gak baca tulisan ini gak tahu juga yah nilai jual ampas kelapa yang hanya beberapa ribu, namun keuntungannya bisa ratusan ribu per harinya.
Sepertinya peluang usaha ampas kelapa ini bisa dicoba, peralatannya lumayan gampang dan tidak membutuhkan kehlian yang khusus, yang penting tahu perdagangan, bisa mencari pelanggan, dan tekun dalam bisnis, saya pikir mudah mengembangkan usaha ini jika memang bersungguh-sungguh, oh ya satu lagi, tentunya dalam usaha ini yang penting jangan takut kotor, jadi kalau anda orang yang rapi dan takut kotor, maka usaha ini kurang tepat untuk anda. Yuk mulai mencoba usaha parutan ampas kelapa yang satu ini...
Previous
Next Post »