Hati-hati Jika Anda Memiliki Usaha di Bidang Jasa

Banyak jenis usaha yang ada di dunia ini, namun bisa dibagi menjadi 2 jenis usaha yaitu dalam bentuk barang dan jasa. Jika usaha dalam bentuk barang maka kita semua tahu jika usaha tersebut nyata dan bisa dilihat namun jika usaha jenis jasa maka yang kita dapat adalah pelayanan.

Yang akan saya bahas kali ini adalah usaha dengan jenis jasa, sebenarnya banyak sekali jenis usaha ini, mulai dari tukang cukur, tambal ban, service, laundry, dan pelayanan lainnya yang sering kita temui. Oke langsung saja saya mau cerita, baru-baru ini saya masuk ke sebuah toko komputer untuk service netbook saya yang rusak (maklum sudah 3 tahun), saya memberikan penjelasan tentang kerusakannya dan pemilik toko mengiyakan, dengan mantap dia mengatakan jika akan segera diperbaiki. Saya sendiri kenal dekat dengan karyawan toko ini. Nah sehabis dari toko, dan selesai di servis, eh netbook saya malah eror, bukannya bener malah sering mati dan jaringannya agak sedikit eh banyak lambat, browsing sering terputus dan koneksi yang tidak baik. Saya balik lagi dan minta diperbaiki, eh dengan seenaknya menyalahkan jaringan saya yang lambat, bukannya diberi pelayanan dan tanggung jawab malah menyalahkan saya. Hingga saat ini netbook saya masih saja eror, dan saya males untuk kembali lagi dan meminta pertanggung jawaban toko tersebut.
Kejadian seperti ini bukan saya saja yang mengalami, tentunya banyak sekali orang yang mengalaminya dan bahkan lebih parah mungkin. Ini tanggung jawab siapa coba? Apa karena barang yang kita miliki memang sudah tidak bisa diperbaiki atau memang pelayanan yang kurang maksimal?

Maka jika anda memiliki jenis usaha di bidang jasa, apapun itu, hati-hatilah ketika anda melayani pelanggan anda, karena yang anda jual adalah jasa, sebuah kepercayaan, jadi ketika kepercayaan hilang maka pelanggan anda akan pergi. Iya kalau cuma satu saja, coba pelanggan yang lain tahu dan menyebar ke pelanggan yang lain, dan mereka memiliki kabar buruk tentang usaha anda jika di tempat anda pelayanannya jelek dan tidak bertanggung jawab, hancurlah usaha anda dengan perlahan. Maka jika anda memiliki usaha di bidang jasa, jalani dengan sepenuh hati, jangan hanya berfikiran tentang hasil yang akan didapat namun pikirkan juga kepuasan pelanggan anda.
Previous
Next Post »