Mau Kerja atau Usaha?

Jika sekarang anda berada di masa akhir dalam menempuh pendidikan, lalu orang tua atau saudara menanyakan kepada anda, "kalau sudah lulus mau kerja atau usaha?" maka jawaban apa yang akan anda berikan kepada mereka? Ketika anda bingung memilih jawabannya, semoga artikel ini bisa membantu memberikan pilihan yang tepat untuk anda.

Ketika anda memilih untuk bekerja maka persiapkan mental anda, namanya bekerja kepada seorang atasan berarti anda harus mematuhi atasan dan peraturan yang ada, tidak ada yang namany bertindak seenaknya sendiri. Lalu target-target yang terkadang diberikan mau tak mau harus anda capai, misalnya target penjualan. Kelola uang penghasilan anda setiap bulan yang nantinya anda peroleh dari penghasilan anda, memang enaknya seorang pegawai adalah pendapatan yang tetap dan jelas setiap bulan, jadi jika pengelolaan keuangan anda baik, maka berapapun gaji anda, anda tetap bisa hidup. Saya pernah memiliki tetangga yang mengontrak rumah dengan satu orang istri dan satu orang anak, dan anda tahu berapa gajinya? Rp 800.000, 00. Hebat bukan?!
Namun jika anda memilih untuk berkecimpung dalam dunia usaha, maka ubah settingan otak anda dan buatlah mental anda menjadi seorang pengusaha, tidak ada itu yang namanya bulan depan gajian, tanggal muda atau tanggal tua, hari libur dan lain sebagainya. Buatlah jadwal anda sendiri atau kalau memungkinkan buat saja kalender anda sendiri khusus untuk anda sebagai pelaku usaha. Pengelolaan uang anda bukan bulanan lagi, namun harian. Dan itu harus anda kuasai jika anda tidak ingin tertinggal dari mereka para pegawai. Penjual balon keliling saja bisa menghidupi keluarganya, padahal dia terkadang tidak disukai ibu-ibu yang anaknya menangis ketika merengek meminta balon.

Apapun pilihan anda, itu adalah pilihan anda sendiri, jalani mana yang membuat anda nyaman dan bangga, namun tekadkan untuk tetap mendapat rezeki dari jalan yang baik, halal, berkah, dan berguna bagi orang lain. Mau kerja atau usaha keduanya sama-sama memiliki sisi baik dan sisi buruk bagi pelakunya, jadi pilihan anda sangat menentukan.
Previous
Next Post »