Mulai Mengembangkan Usaha

Beberapa hari ini saya sempat berfikir mau kemana arah dan tujuan saya dalam berwirausaha, apakah akan terus berjalan seperti ini menjadi seorang pedagang yang menanti pembeli, menjadi agen, atau mencoba jenis usaha lainnya (dengan kata lain membuka usaha lain). Dan baru beberapa menit yang lalu sebelum saya menuliskan artikel ini, datang seorang reseller yang menanyakan "niatnya mau gimana mas, apa mau jualan seperti ini saja atau mau buka usaha lain?" Pertanyaan yang sulit dijawab.

Terkadang saya berfikir untuk keluar dari zona nyaman saya sekarang, saya tentu ingin membuat usaha lain yang lebih baik atau mengembangkan usaha sekarang agar lebih menghasilkan, namun terkadang terbentur masalah yang ada, mulai dari modal, keahlian, pasar, pengunjung, pembeli, pelanggan setia, dan lain sebagainya yang membuat saya banyak berfikir.
Memang benar, manusia harus terus berkembang dan berkembang. Kita tidak bisa terus berada di zona ini, kita tidak bisa terus mengandalkan apa yang sekarang kita punya karena jaman terus berubah dan kita harus mengikutinya atau tertinggal.

Jika saya katakan, usaha apapun yang kita jalani sekarang, sudah saatnya kita untuk mengembangkannya, sudah saatnya kita naik ke tangga berikutnya dan mendapatkan yang lebih, entah masalah atau hasil tentu kita harus mendapatkan lebih. Pilihan yang saya punya saat ini adalah mengembangkan usaha agar lebih besar atau membuka usaha lain, keduanya sama-sama pilihan yang sulit, karena membutuhkan modal dan penanganan yang lumayan keras, namun sebelum dipaksa untuk berubah oleh keadaan ada baiknya saya menyiapkan diri untuk memilih dan memulai pilihan tersebut. Nantinya apapun pilihan saya, saya akan menjalankan pilihan tersebut dengan resiko yang ada, saya harus bisa berkembang, usaha saya harus berkembang dan orang disekitar saya juga harus ikut berkembang.

Ini dunia wirausaha, ini dunia modern, dan ini adalah pilihan kita semua!
Previous
Next Post »