Tips Bisnis Online, Pengiriman Barang yang Aman

Bisnis online saat ini adalah salah satu bisnis paling populer dan menjadi pilihan semua orang di Indonesia, kemudahan dan kemurahan dalam memulai bisnis online sangat diminati oleh semua orang, rugi deh buat yang belum ikutan bisnis online. Di sini saya tidak akan membahas apa itu bisnis online, namun saya akan memberikan tips aman dalam pengiriman barang, yah ini saya ambil dari pengalaman saya dan beberapa kasus yang saya alami juga.

Dalam setiap bisnis online, mau tak mau kita harus mengetahui cara pengiriman barang, entah itu dengan sistem COD (cash of delivery) ataupun pengiriman menggunakan jasa pengiriman. Kalau menggunakan sistem COD memang lumayan gampang, kita hanya tinggal menentukan tempat untuk bertemu dengan pembeli, setelah bertemu dan mengecek barang lalu terjadilah transaksi, yah itu adalah sistem bisnis yang menggunakan media online hanya untuk promosi. Namun ketika bisnis online kita untuk seluruh Indonesia, maka mau tidak mau jasa pengiriman adalah salah satu pilihan untuk menyokong bisnis kita.

Ada beberapa syarat yang harus dimiliki seorang pengusaha online, diantaranya adalah rekening bank, ini wajib karena ini adalah sarana untuk menerima transfer dana dari pembeli. Lalu paling tidak kita puya ponsel pintar, atau kalau bisa tentu harus memiliki komputer, gunanya untuk memeriksa ongkos kirim, mengecek pengiriman, dan lain sebagainya. Alamat lengkap kita jangan sampai lupa, itu adalah aset seorang bisa dipercaya dalam bisnis online. Jadilah penjual yang jujur.

Pengalaman pengiriman barang pesanan ke luar kota yang pernah saya lakukan adalah sebagai berikut :

Pelanggan berminat membel barang dagangan, lalu saya menginformasikan harganya, setelah deal maka saya akan memintanya untuk memberikan informasi nama, alamat, dan no telp dari pembeli. Saya juga akan meminta pembeli memilih jasa pengiriman yang dia mau, ketika dia menentukan pilihan jasa pengiriman, maka saya akan segera memeriksa ongkos kirim ke alamat bersangkutan. Jika pembeli menyetujuinya, maka saya akan memberikan no rek saya agar dia mentransfer uang guna membayar harga barang yang dibeli dan ongkos kirim yang sudah disepakati. Apakah dia percaya begitu saja? Tentu saya akan meyakinkan pembeli dengan menyampaikan alamat lengkap saya, kalau perlu saya akan mengirmkan foto KTP dan identitas saya agar dia bisa memeriksanya kembali, kepercayaan adalah modal utama dalam bisnis online.

Baran sudah saya kemas dengan rapi (biasanya menggunakan kardus, kantong plastik, dan kertas kado), alamat sudah saya cantumkan, dan setelah pembeli mengirmkan uang pembayaran maka segera saya akan mengirimkan barang pesanan ke jasa pengiriman. Kemudian saya akan mengirimkan foto resi pengiriman kepada pembeli, tak lupa saya akan memberikan informasi berapa lama barang tersebut akan sampai ke alamat pembeli.

  • Dalam suatu kasus, saya pernah menjual barang dan ongkos kirim sudah disetujui, namun ketika dikirim ternyata barang tersebut dihitung lebih, karena volume yang berbeda, akhirnya ongkir bertambah, saya yang sudah menyetujui ongkir dari awal maka saya tidak meminta tambahan ongkir, karena itu kesalahan saya sendiri. Namun pernah juga ongkir yang sudah disetujui ternyata lebih, maka saya akan mengabari pembeli dan mentransfer kelebihan uang tersebut. Dengan hal kecil seperti itu, Alhamdulillah saya malah memiliki pelanggan tetap yang terus percaya dan membeli di tempat saya.

Sebagai informasi tambahan, kini ada beberapa toko online yang menyediakan pengiriman, jadi mereka sebagai pihak ketiga untuk transaksi, pembeli akan mengirimkan uang kepada pihak ketiga, setelah barang pesanan dikirim dan sampai tujuan, barulah pihak ketiga mengirimkan uang kepada penjual, yah saya pikir ini salah satu cara transaksi yang lebih aman.

Untuk para penjual yang berkecimpung dalam bisnis online, sebaiknya berjualanlah dengan kejujuran, dapatkanlah keuntungan yang halal, begitu pula dengan pembeli, jadilah pembeli yang sabar. Transaksi online memang lumayan susah, karena tidak langsung bertatap muka, namun ini juga salah satu transaksi yang paling mudah saat ini. Sudahkan anda bertransaksi online? Ayo mulai!
Previous
Next Post »