Belajar Hal Sederhana dari Orang Desa, Percayalah ini Bermanfaat!

Jika anda sekarang tinggal di perkotaan, dan anda memiliki rumah sendiri, atau paling tidak memiliki kontrakkan yang memadai, maka gunakanlah peluang tempat tinggal anda itu untuk mendapatkan hal yang bermanfaat, dan bukan tidak mungkin itu adalah sebuah kegiatan bermanfaat yang akan menjadi sumber penghasilan tambahan untuk anda.

Jika anda pernah ke desa, entah untuk mengunjungi saudara, orang tua, atau mungkin pacar anda, maka coba anda perhatikan di sekeliling tempat tinggal mereka, biasanya ada ternak atau tanaman yang sengaja di taruh di samping rumah. Nah itu adalah hobi orang desa, mereka senang memelihara hewan ternak ataupun membudidayakan tanaman bermanfaat di dekat rumah mereka. Memang mereka biasanya tidak teratur, bahkan terkadang membuat tampilan tempat tinggal mereka terkesan jorok dan tidak enak dipandang mata, namun jika anda tahu penghasilan tambahan dari kegiatan positif mereka, maka anda akan menginginkannya juga.

Sebagai contoh saja, di desa biasanya ada rumah yang di depannya terdapat pot-pot tanaman yang berisi pohon cabai, tomat, bahkan ada juga yang menaruh pohon jeruk ataupun pohon mangga, yah biasanya pohon yang tumbuhnya tidak terlalu tinggi, namun masih banyak juga orang desa yang greget, di depan rumahnya terdapat pohon rambutan yang menjulang tinggi. Di samping kanan rumahnya terdapat kandang ayam atau kandang bebek, mereka memelihara ternak dalam jumlah yang wajar, berkisar 5-20 ekor saja, hal itu merupakan hobi orang desa, dan terkadang itu merupakan salah satu kewajiban yang tidak wajib untuk orang desa. Sedang di samping kiri rumahnya ada kolam ikan yang berisi ikan-ikan besar hasil peliharaan mereka selama beberapa bulan, dan biasanya mereka memberi makan ikan itu dengan daun-daunan atau sisa makanan mereka, bahkan terkadang di atas kolam ditaruh kandang ayam sehingga kotoran ayam adalah makanannya, simpel. Di belakang rumahnya ada tanaman ubi, ada tanaman sayur, dan lain sebagainya. Jadi rumah mereka seperti sebuah gubug di tengah ladang, yah itu adalah tempat tinggal orang desa, walau tidak rapi namun sangat bermanfaat.

Mereka merawat ternak dan tanaman itu dengan baik, mereka tidak memikirkan biaya dan keuntungan yang didapatkan, dan setelah beberapa bulan maka tanaman yang dipelihara akan berbuah, ikan dan aya akan berkembang biak dan dewasa, setelah menjualnya maka mereka mendapatkan tambahan uang yang lumayan besar, dengan hal sederhana seperti itu saja mereka bisa mendapatkan lebih dari 1 juta setiap bulan, dan mereka tidak harus pusing memikirkan perawatan maksimal, mereka mengurusnya dengan santai dan itu adalah hobi namun bisa menghasilkan uang bagi mereka. Sebenarnya di kota masih ada juga rumah seperti itu, namun sangat jarang dan kebanyakan rumah mereka ditanami pagar berduri yang terkesan menutup rejeki, mungkin.


Bagi anda yang ingin uang tambahan, cobalah meniru orang desa, maksimalkan rumah anda, cari sela-sela halaman untuk menempatkan tanaman yang bermanfaat, tidak usah menanam bunga yang indah, lebih baik tanaman yang membuahkan, peliharalah ayam dan bebek namun sebaiknya dikandangin biar gak kabur, hiduplah dengan memanfaatkan apa yang bisa dimanfaatkan. Beberapa bulan berikutnya, lihatlah rumah anda, terlihat hijau dan damai seperti di desa dengan suara ayam yang berkokok, tanaman hijau, ikan yang tumbuh besar, dan persiapkan diri untuk menjual dan menerima uang tambahan dari hobi anda itu.
Previous
Next Post »