Percayakah Anda Dengan Hal-hal yang Berbau Tahayul?

  • Ketika usaha anda di bidang perikanan gagal total, lalu anda mulai lagi dan gagal lagi, lalu ada salah satu orang yang mengatakan bahwa anda tidak cocok dengan hal-hal berbau air, apakah anda percaya?
  • Ketika anda memiliki anak pertama dan usaha anda tak berkembang, lalu anda memiliki anak kedua dan tiba-tiba anda sukses dengan usaha anda, apakah anda percaya bahwa anak kedua anda adalah anak emas pembawa keberuntungan?
  • Ketika anda berangkat kerja dan di pagi hari anda melihat sesosok cahaya yang menyilaukan dari sudut gelap, lalu hari itu anda mendapatkan banyak rejeki, apakah anda percaya dengan keberuntungan?
  • Ketika orang terdekat anda menitipkan sebuah jimat dan anda bisa selamat dari sebuah kecelakaan yang hampir merenggut nyawa anda, apakah anda percaya denngan jimat itu?
  • Ketika anda bertemu orang yang anda benci pada pagi hari, dan di malam hari anda mendapat kecelakaan, apakah anda percaya bahwa orang yang anda temui membawa kesialan untuk anda?
Seperti itulah beberapa contoh yang mungkin akan anda temui dalam perjalanan hidup ini, percaya atau tidak percaya, kita hidup berdampingan dengan hal-hal yang gaib dan tak terlihat, namun itu nyata adanya. Namun apakah dengan kita mempercayai hal semacam itu, lalu membuat kita menjadi manusia yang tidak logis? Semua tergantung pada diri kita masing-masing dalam menyikapi hal tabu semacam itu.

Saya sudah pernah menceritakan dalam blog ini, bagaimana saya mendapatkan arahan dari seseorang untuk mandi di sungai malam hari, lalu ada juga yang pernah memberitahu untuk bersemedi di gunung, ada juga yang memberikan sebuah jimat agar usaha saya lancar, dan Alhamdulillah saya menolak semuanya. Saya memang percaya dengan hal tahayul, namun saya lebih mempercayai takdir Tuhan yang telah ditentukan atas diri saya sendiri.

Andaikan anda adalah seorang pengusaha ikan, di awal usaha anda mencoba membudidayakan ikan lele dan akhirnya anda gagal, lalu anda mencoba lagi usaha budidaya ikan dan mengganti dengan ikan gurami, namun anda tetap gagal juga. Dan ketiga kalinya anda mencoba usaha di dalam jenis yang sama namun anda mencoba membudidayakan ikan mujair dan anda tetap gagal, lalu ada seseorang yang memberitahukan bahwa anda tidak pernah cocok dengan usaha yang berbau ikan, apakah anda mempercayainya? Kalau saya tidak! Saya percaya kegagalan yang saya dapatkan adalah takdir Tuhan, mungkin saya belum menguasai ilmu tentang ikan, mungkin cuaca sedang tidak mendukung, mungkin rejeki saya sedang sulit, mungkin saya kurang maksimal dalam usaha itu, dan kemungkinan lainnya. Saya tahu orang yang memberitahukan itu memiliki alasannya tersendiri, mungkin menghubungkan dengan weton (hari lahir) saya, atau hal lain yang bisa dijadikan alasan.

Saya sudah mengalami kegagalan dalam usaha ikan sebanyak 3 kali, yang pertama saya rugi hampir 50%, yang kedua alhamdulillah ludes semua ikannya, dan yang ketiga saya hampir tak memikirkannya lagi karena saya hanya membudidayakan ikan secara tradisional tanpa memikirkan target panen atau yang lainnya. Namun saya akan terus mencobanya, saya suka memelihara ikan, saya menikmati ketika melihat ikan makan, dan saya bahagia melihat ikan yang saya pelihara hidup dengan sehat. Kalau masalah keuntungan mungkin saya tak pernah mendapatkannya, namun banyak pelajaran yang akhirnya saya dapatkan dari kegagalan yang saya alami.

Jadi bagi saya pribadi, saya memang mengakui adanya kekuatan gaib di sekitar kita, saya tahu mereka bisa mempengaruhi kita, namun saya tidak mau berhubungan dengan hal semacam itu, saya hanya percaya kepada kekuasan Allah SWT, dan saya cukup bertawakal dan berusaha dengan kerja keras dan do'a saya. Harapan saya kuat, saya mampu bertahan lama dengan berbagai masalah hanya untuk membuktikan bahwa saya mampu dan bisa. Saya tidak tertarik dengan kesuksesan yang instant lewat dukun atau paranormal, saya lebih percaya dengan kemampuan do'a, saya percaya ketika saye berusaha maka Allah akan membukakan jalan yang terbaik untuk saya.

 
suber gambar : shaangel99.blogspot.com
 

Sekali lagi, ketika anda melihat hal yang janggal dalam hidup anda, dan itu sangat mempengaruhi kehidupan anda, apakah anda akan mempercayainya begitu saja? Semua tergantung diri anda sendiri!
Previous
Next Post »