Kita Harus Belajar Banyak dari Konsep Iklan ini

Apakah anda punya televisi di rumah? (tentu punya!) apakah anda pernah melihat iklan r*kok? (tentu pernah!) Apa yang bisa anda pelajari dari iklan itu? Apakah anda hanya mempelajari bagaimana sang model berkata "ku beri kau satu permintaan", "cowok tau kapan waktunya bohong", atau mungkin anda hanya mengingat gambaran petualangan di alam bebas, video yang selalu berhubungan dengan warna hitam, atau mungkin anda melihat lingkaran yang berubah jadi robot? Yah itu semua tentunya anda tahu, anda menontonnya, dan tanpa anda sadari anda mengenal produk yang ditawarkannya, bahkan untuk anda yang bukanlah seorang perokok. Padahal hampir semua iklan itu tak ada yang pernah menayangkan adegan seorang yang sedang merokok, ataupun bentuk rokok yang jelas di iklannya, lalu kenapa kita bisa tahu itu adalah iklan rokok?!

Mari belajar bagaimana para produsen itu mempromosikan produknya dengan sangat cepat, tak perlu menunggu waktu lama untuk bisa memasarkan produknya dan langsung terkenal. Ketika produsen rokok mengeluarkan produk barunya, mereka akan mempromosikannya di hampir semua media yang ada, entah itu TV, radio, internet, koran, majalah, dan media lainnya. Lalu mereka akan menjadi sponsor dari berbagai acara, mulai dari perhelatan sepak bola atau olahraga lain, acara musik, acara keagamaan, bahkan acara sosial lainnya. Mereka akan mengontrak para SPG cantik yang berdandan sangat woww untuk sekedar berdiri di stand yang mereka buat, menawarkan produknya, bahkan terkadang para SPG itu berkeliling ke rumah-rumah warga untuk menawarkan produknya. Dan yang pasti hampir semua media promosi yang mereka gunakan tidak selalu berhubungan dengan produk yang mereka tawarkan, biaya promosi mereka sangatlah besar, dan untuk promosi saja mereka bisa melakukannya dengan penuh kerja keras melibatkan banyak pihak, lalu bagaimana mereka mendapatkan keuntungan dengan promosi yang sangat wow itu?

Saya pernah mendapatkan pengakuan dari salah satu EO, katanya para produsen mau mengeluarkan biaya yang sangat banyak hanya untuk promosi saja, malah terkadang banyak produknya yang dibagikan cuma-cuma hanya untuk mengenalkan kepada para warga, namun dibalik itu semua, mereka akan segera mendapatkan keuntungan yang sangat berlimpah karena produknya dikenal oleh masyarakat. Kita tahu sendiri bahan-bahan rokok adalah bahan yang membuat kita kecanduan (saya perokok sih jadi tahu hehehe), nah ketika saya mencoba salah satu produknya, lalu saya menyukainya, maka nantinya saya akan ke warung untuk mencari produk itu, saya akan membelinya setiap hari dan saya akan menawarkan kepada teman yang saya temui dan terus berlanjut seperti itu sehingga produk itu akhirnya sangat terkenal dan menjadi pilihan oleh semua pecandu. Konsep sederhanya hanyalah mengenalkan produknya, dan mereka yang mencoba akan ketagihan, dan keuntungan akan datang dengan sendirinya.

Saya sendiri sudah mencoba konsep ini saat mempromosikan dagangan saya di media BBM, saya jarang sekali memasang DP atau PM dari produk saya, bahkan bisa dibilang kebanyakan DP dan PM saya malah tentang diri saya pribadi, namun entah kenapa para kontak BBM malah menanyakan produk saya, dan terkadang ada yang sangat penasaran dengan apa yang saya jual, padahal saya belum mempromosikannya secara langsung, mereka percaya kepada saya dan mereka mau mengeluarkan uangnya untuk membeli produk dari saya.

Kita bisa mencoba konsep promosi seperti di atas, misalkan anda jualan baju, cobalah anda promosikan baju itu secara tidak langsung, jangan to the point dengan menawarkan produk anda, hal itu sudah sangat mainstream dan diketahui oleh umum. Buatlah konsep yang menarik, buat diri anda terkenal dan diperhatikan oleh orang lain, lalu sedikit demi sedikit barulah anda memasukkan produk anda, tawarkan secara halus. Yah seperti itulah cara promosinya, mungkin memang agak sulit, namun cara ini sudah teruji, perusahaan besar sudah membuktikannya bahwa promosi secara tidak langsung sangat bermanfaat, dan lebih menguntungkan.

 
sumber gambar : 1cak.com

Buatlah diri kita unik, buatlah diri kita menarik, buatlah pelanggan menyukai promosi kita, biarkan mereka kepo dengan produk yang kita tawarkan, mereka sudah terlalu lama sendiri melihat iklan yang itu-itu saja, saatnya kita beri mereka iklan yang segar, lucu, menarik, dan membuat mereka senang melihat iklan kita ini.
Previous
Next Post »