Tips Memilih Agen atau Tempat Kulakan

Sebuah usaha jual-beli tentunya sambung menyambung antara produsen hingga ke konsumen, dan para pedagang seperti saya ini adalah tali rantai dalam sambungan tersebut. Hubungan ini adalah hubungan yang saling menguntungkan satu dengan lainnya.
Sebagai seorang pedagang saya pernah beberapa kali salah memilih agen untuk mengisi barang dagangan saya, bukan saya pilah-pilih dengan agen/tempat kulakan namun ada beberapa kriteria agen yang saya sarankan anda hindari untuk anda jadikan penyetok barang dagangan anda, diantaranya :
  • Agen yang belum profesional, biasanya agen baru atau agen lama yang tidak memiliki manajemen dagang yang profesional, biasanya barangnya tidak selalu ready stok.
  • Agen egois, agen yang mau menang sendiri dan biasanya seenaknya memainkan harga barang yang dijualnya.
  • Agen curang, yaitu mereka yang suka menimbun barang dan kecurangan lainnya untuk keuntungan mereka sendiri.
  • Agen serakah, mereka yang terlalu banyak mengambil untung dari barang dagangannya, jika anda tetap bekerjasama dengan agen tipe ini maka anda akan kesulitan untuk berkembang karena harga barang anda sudah tinggi dan sulit mendapat untung.
Sebenarnya masih banyak ciri agen yang harus dihindari, namun saya menuliskan garis besarnya saja agar anda bisa memahaminya. Nah jika anda ingin mencari agen yang baik untuk anda dan bisnis anda, maka saran saya  anda mencari agen dengan ciri berikut :
  • Ramah, jika anda seorang pedagang baru yang belum memiliki banyak pengetahuan maka carilah seorang agen yang ramah dan bisa anda tanya atau mintai informasinya, agen seperti ini sangat sulit dicari mengingat biasanya mereka adalah orang sukses yang sibuk.
  • Terbuka, mereka tidak segan untuk berbagi tips suksesnya, mereka mau membantu kita dalam mengurus usaha baru kita.
  • Membangun, carilah agen yang bisa membawa anda mengembangkan usaha anda, mereka akan peduli dengan usaha anda karena mereka menganggap anda penting, anda sudah benar jika anda memiliki agen seperti ini.
  • Bertempat, walaupun mungkin anda mengenal agen anda di online, namun tidak ada salahnya jika anda harus tahu tempat atau kantor mereka, itung-itung cari aman sambil berdo'a semoga nantinya anda juga bisa menjadi agen besar seperti mereka.
  • Pelayanan bagus, walaupun para agen cina terlihat cuek namun mereka memiliki pelayanan yang sangat baik menurut saya, mereka orang yang pandai menempatkan diri sebagai orang yang dibutuhkan.
  • Harga, ini yang biasanya menjadi tolak ukur dalam pemilihan agen, carilah agen yang memberikan harga murah tapi wajar, jangan terlalu murah karena bisa mencurigakan juga.
  • Kualitas, agen yang menjaga kualitas barangnya bisa kita andalkan.
  • Kuantitas, ketersediaan barang yang ada di tempatnya banyak dan mencukupi sehingga kita tidak takut kekurangan barang dagangan.
Itulah beberapa ciri agen atau tempat kulakan yang bisa anda pertimbangkan, semoga anda menemukan agen seperti yang anda inginkan, karena selera pedagang berbeda-beda satu dan lainnya. Kalau saya mencari seorang agen yang bisa dicontoh ilmunya, karena saya juga memiliki keinginan nantinya menjadi seorang agen besar, aamiin.
Previous
Next Post »