Toko Sepi Jadi Malas Berdagang

Saya mau sedikit cerita dulu, ketika toko saya sepi akhirnya lama-lama merasa jenuh juga tiap hari buka namun dagangan kok sepi terus. Namun yang terjadi adalah, saya semakin terpuruk dan semakin susah saja dalam berdagang. Saya punya pepatah yang tepat "bagaimanapun bahagianya hari minggu anda, besoknya tetap hari senin".

Jadi ketika toko, warung, lapak, atau usaha online anda sepi atau bahkan tak memiliki transaksi sama sekali, itu bukan alasan untuk berhenti berdagang dan mencoba mencari rejeki dari Tuhan. Kita tidak tahu kapan rejeki akan datang menyambangi tempat usaha kita, saya sendiri sering mengalami hal tersebut, dikala saya sedang libur berdagang eh ternyata banyak pelanggan yang datang mencari ke tempat saya, giliran buka malah gak ada yang datang heee.

Untuk toko yang sepi pengunjung, kenali dulu alasan kenapa toko sepi yang umum terjadi :

Jika tempat usaha anda ada di tempat yang sepi, maka jangan banyak mengeluh jika dagangan anda sepi pengunjung, coba donk cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan anda.

Coba sesekali cari informasi dengan toko tetangga yang menjual barang sama dengan anda, cari tahu harganya. Jika harga di tempat anda lebih mahal, maka wajar saja jika sepi

Ketika ada satu pelanggan yang kecewa dengan pelayanan anda, maka bukan tidak mungkin itu adalah sumber permasalahan anda nantinya saat pelanggan tersebut menyebarkan kekurangan anda kepada pelanggan laiinnya.

Coba cek keadaan pedagang lain, jika mereka juga mengalami sepi pengunjung maka itu wajar. Misalnya saja di pertengahan tahun ini, karena gejolak nilai tukar Rupiah yang melemah, banyak pelanggan mengurungkan niatnya untuk membeli barang.

Ini yang sering ingat tapi jarang diberesin, sudah dagangan sepi pengunjung malah berhenti promosi, akhirnya semakin sepi saja.

Kalau ini adalah rahasia pribadi masing-masing orang, jadi kenali diri kita sendiri dan temukan kesalahan diri kita dan segera perbaiki.

Itulah beberapa alasan yang sering menyebabkan dagangan sepi pelanggan, sehingga membuat anda dan saya juga malas untuk terus berdagang. Tapi saya katakan sekali lagi hal tersebut adalah tindakan yang salah kaprah, karena kita tidak bisa lari dari kenyataan, banyak masalah yang harusnya kita selesaikan, bukannya ditinggalkan begitu saja mencari kenyamanan.

Sedikit saran saya untuk menangani saat dagangan sepi adalah dengan Tetap berdagang!, cari kesalahan yang sudah saya tulis diatas, benahi lagi sistem dan kualitas barang atau jasa dagangan, dan tambahkan do'a dan ibadah lainnya, kita ketuk pintu rejeki dari Tuhan, kita minta terus tiap hari bahkan tiap waktu, kita usahakan terus, yakin terus, dan jangan ada kata menyerah, ingat kita bukan orang lemah. Semangat berwirausaha, semangat mencari rejeki, semangat mengatasi masalah, mari kita Wirausahakan diri kita, keluarga, dan teman-teman kita.
Previous
Next Post »