Orang Islam Harus Kaya

Wah kalau melihat judulnya mungkin banyak yang protes yah, soalnya ada hadist Nabi SAW yang bersabda jika kaum fakir miskin adalah mayoritas penghuni surga, dan Nabi SAW, keluarga, sahabat, dan para penerusnya (ulama) memilih hidup sederhana. Lalu kenapa saya menulis artikel berjudul Orang Islam harus kaya ini? Jawabannya adalah :
  • Hidup miskin itu susah! sudah siapkah anda dihina orang lain? Sudah siapkah anda kesulitan hidup? sudah siapkah anda menderita?
  • Biaya naik haji itu membutuhkan uang yang banyak! Haji itu panggilan dari Allah Swt, tapi kita sebagai manusia harus berusaha juga donk buat nyari uang agar rukun islam kita sempurna dengan haji.
  • Dengan kekayaan kita bisa berbagi (ingat berbagi, berbagi, berbagi) jadi sebelum kaya ingatlah sodakoh, jangan lupa.
  • Kekayaan kita bisa berguna bagi orang lain, pengusaha yang sukses akan membuat lapangan pekerjaan bagi mereka yang nganggur.
  • Kekayaan adalah motivasi kita untuk semakin dekat dengan Allah Swt, semakin kita ingin kaya semakin kita berdo'a, beribadah, mendekati Allah Swt.
  • Kekayaan membuat kita takut, kekayaan akan membuat kita takut dengan azab Allah Swt, jadi kita bisa lebih berhati-hati menghindari dosa.
Itulah beberapa alasan kenapa orang islam harus kaya, jadi jika ada alasan yang masuk akal dan ternyata mencari kekayaan itu bukanlah hal yang dilarang maka sudah saatnya kita untuk berusaha mengejar kekayaan tersebut, tentu saja dengan cara yang benar dan kita wajib untuk membagi urusan dunia dan akhirat dengan adil.
Saya pribadi yang hidup di Indonesia ini terkadang ingin memiliki kehidupan makmur seperti para saudagar minyak dari timur tengah, mereka bisa hidup dengan harta berlimpah tanpa melupakan kewajiban untuk beribadah. Kalau mereka bisa kenapa kita tidak?

Menurut saya sah-sah saja jika sebagai umat islam kita ingin kaya di dunia ini, toh sahabat Nabi juga ada yang kaya, ulama juga ada yang kaya, Nabi Sulaiman AS juga kaya raya, namun mereka semua bisa mengendalikan kekayaan yang dimilikinya, jadi Allah Swt ridha kepada mereka, kita juga harus kaya, kita bisa kaya, dan kita akan memperjuangkannya juga.
Previous
Next Post »