Beberapa Tempat Usaha dengan Harga Sewa Murah

Ketika anda ingin membuka sebuah usaha di dunia nyata (bukan usaha online) maka tempat atau lapak adalah hal yang wajib (bagi saya), jika anda ingin mengembangkan usaha tersebut. Mungkin jika di awal usaha anda melakukan sistem penjualan online, maka lama kelamaan anda juga membutuhkan tempat jualan, bagi mereka yang berjualan dari rumah ke rumah atau mungkin keliling komplek, tentu membutuhkan tempat untuk target jangka panjangnya, namun kita sendiri tahu tempat usaha untuk lapak, kios, toko, atau ruko harga sewanya sangatlah mahal, dan tidak semua bisa menyediakan uang untuk menyewa tempat tersebut. Namun jangan berkecil hati, dari pengalaman saya, ada beberapa tempat usaha dengan sewa yang murah, diantaranya adalah :

1. Pinggir Jalan
Mungkin bagi anda yang gengsi, ini bukanlah pilihan yang tepat, namun bagi anda yang memang mau serius dalam dunia usaha, mendapatkan tempat usaha di pinggir jalan bisa anda coba, biasanya ada sewa tempat juga (jatah preman atau RT) namun tidak terlalu mahal, kata-lah sebulan sekitar 300-500rb dan bisa anda bayarkan perbulan. Pinggir jalan adalah tempat usaha yang cocok untuk beberapa usaha seperti makanan, minuman, jajanan, atau mainan, dan tidak menutup kemungkinan untuk baju, aksesoris atau yang lainnya.

2. Halaman Rumah
Jika rumah anda ada di pinggir jalan raya, anda bisa dengan mudah membuka usaha di tempat sendiri, namun jika rumah anda tidak di pinggir jalan, maka sebaiknya anda mencoba bekerjasama dengan seseorang yang halamannya boleh disewa untuk jualan. Jika anda mendapati orang yang baik, biasanya mereka tidak meminta uang sewa, paling ikut bayar listrik dan air, dan tentu menjaga kebersihan halaman rumah mereka, namun jika pemilik rumah meminta bayaran, itupun saya pikir tidak mahal.

3. Join di Toko Orang Lain
Ini adalah cara yang cukup tepat, carilah sebuah toko besar yang ramai pengunjung, dan anda ajukan kerja sama untuk menyewa emperan tokonya, jika boleh maka segera buat tempat semi permanen yang rapi, maka tempat usaha anda tepat dan murah, karena dari pengalaman saya sang pemilik toko paling hanya meminta uang sewa 300-500rb saja. Atau mungkin anda bisa menyewa sedikit lapak di dalam toko, siapa tahu boleh sama pemilik toko, who knows?!

4. Tempat Hiburan
Walaupun agak repot dan ribet, tempat ini bisa anda coba. Carilah tempat yang banyak dituju (entah lokawisata atau taman), dan ambil lapak jualan di situ. Harga sewa mungkin murah, namun biasanya ada uang keamanan (jatah preman).

5. Oper Kontrak
Cari sebuah tempat usaha yang sudah disewa namun tidak digunakan oleh pemiliknya, maka anda bisa mendapatkan tempat usaha dengan harga yang murah (bukan tahunan). Saya sendiri juga melakukan cara ini, sudah pernah saya tulis (cara saya membuka toko dengan modal 2juta).

Itulah beberapa rekomendasi tempat usaha yang murah, walau sebagian adalah tempat yang semi permanen, namun anda bisa mencobanya untuk belajar dalam dunia wirausaha ini, dengan harapan beberapa bulan ke depan anda bisa menyewa tempat permanen yang lebih baik.
Previous
Next Post »