Bisa karena Terbiasa, Pengalaman adalah Guru Terbaik

Dulu saat pertama kali saya membuka toko, saya bingung dan bengong, dua kebiasaan saya yang harus saya hilangkan. Bingung karena saya belum tahu caranya membuka toko, bagaimana caranya menata barang dagangan, apa saja yang dibutuhkan untuk menata toko saya, siapa yang akan mengajari saya men-display toko, dan lain sebagainya, nah karena kebingungan itulah akhirnya saya jadi bengong dan tidak bergerak untuk mulai menata toko saya tersebut. Alhasil selama berbulan-bulan toko saya ditata dengan penataan yang sangat sederhana dan saya katakan berantakan, karena banyak sekali barang berserakan dan tempat yang kotor, yang menyebabkan saya mendapat banyak kritikan baik dari pelanggan dan teman-teman saya sendiri.

Setelah beberapa bulan saya berjualan di toko, akhirnya sedikit demi sedikit saya bisa menata barang dagangan dengan benar, apa saja yang dibutuhkan untuk men-display toko saya ketahui, memilih warna cat yang cocok untuk dagangan saya juga saya pahami, dan itu saya dapatkan bukan karena diajari orang lain, namun karena pengalaman saya sendiri, pengalaman kegagalan men-display toko yang saya alami membuat saya belajar banyak bagimana cara men-display toko yang baik dan memakai uang yang sedikit.
Ada pepatah yang mengatakan bahwa Pengalaman adalah guru yang terbaik, dan saya sangat setuju dengan pepatah itu karena kita praktek dulu baru kita tahu teorinya, berbeda dengan cara belajar di dunia pendidikan yang teori dulu baru praktek. Dengan pengalaman kita, maka akan banyak ilmu langsung dan nyata yang akan kita dapatkan, apa saja yang saya peroleh dari pengalaman saya selama di dunia usaha?
  • Bisa menjelaskan barang dagangan, yang mulanya saya tidak tahu apapun dengan barang dagangan saya.
  • Bisa pecaya diri menghadapi pelanggan, yang mulanya saya adalah seorang pemalu. (Belajar melayani pelanggan)
  • Bisa mengetahui banyak karakter pembeli, yang mulanya saya pikir semua pembeli itu sama dan mereka hanya mau membeli.
  • Bisa memiliki banyak relasi, yang mulanya saya adalah seorang newbie tanpa teman seperjuangan.
  • Bisa memiliki reseller, yang mulanya saya nyari pelanggan aja susah apalagi kepikiran nyari reseller.
  • Bisa menulis artikel ini, yang mulanya saya nulis status di facebook saja masih berantakan dan ngawur.
Semua yang saya jalani dalam hidup ini adalah pengalaman berharga yang membuat saya tumbuh berkembang, pengalaman adalah guru terbaik saya, saat saya jatuh saya tahu bagaimana caranya bangkit dan itu karena saya sudah mengalaminya, saat saya mendapatkan keuntungan besar saya tahu bagaimana harus menggunakan itu dengan bijak karena saya sudah pernah jatuh karena terlena dengan keuntungan sesaat. Semua pengalaman hidup adalah pelajaran berharga yang hanya kita yang bisa mengerti dan merasakan, karena orang lain belum tentu mengalami apa yang kita alami.
Previous
Next Post »