Kisah Penjual Martabak yang Malang

Pada suatu ketika di sebuah negri. Ah terlalu bertele-tele hahahaa. Udah langsung aja, saya mau menceritakan tentang perjuangan seorang penjual martabak yang malang (bukan nama kota). Kenapa saya mengatakan dia malang? Karena dari awal saya kenal dia, sudah 4x dia diusir dari tempat jualannya.

Jadi ceritanya di deket lapak ane ada penjual baru, yaitu si penjual martabak. Setelah beberapa hari dia jualan, saya ingin mencicipi rasa martabak buatannya. Sambil beli saya sedikit kenalan sama ini orang (namanya sama-sama pedagang). Ternyata dia berasal dari kota sebelah dan disini ngekos sambil jualan, saat itu dia punya satu karyawan yang membantu jualan. Setelah sebulan ternyata dia jualan sendiri, saya nanya lagi waktu itu "loh temennya dimana mas?", dia jawab kalau temennya udah pulang, katanya si gak tahan jualan di pinggir jalan. Saat itu saya pikir temennya manja banget, jualan pilih-pilih tempat, sok gengsi banget kayak udah tajir aja, tapi salut juga sama penjual martabak yang satu ini, walaupun ditinggal partnernya, dia tetap lanjut jualan.

Beberapa waktu kemudian dia pindah tempat, di sebrang jalan tempatnya biasa jualan, setelah mendapat informasi dari beberapa tetangga saya, ternyata dia pindah karena di tempat lama mau ditempatin sama yang nyewa kios, oh iya si penjual martabak jualannya numpang di depan kios kosong, jadi wajar aja kalau kiosnya disewa orang, dia harus pindah. Setelah pindah kios, gak sampe satu bulan dia udah pindah lagi ke sebrang jalan lagi, buset dah pindah-pindah mulu kayak jaman prasejarah aja. Dan untuk ke empat kalinya dia pindah lagi, kali ini dia udah bingung mau pindah kemana karena semua kios di tempat itu udah isi semua, jadi gak ada yang bisa dijadiin tempat buat numpang jualan. Entah karena kasihan mungkin, ada satu toko yang mengijinkan penjual martabak ini buat jualan di depan tokonya hingga saat ini.
Nah mungkin si cerita diatas gak ada yang salah, itu kalau anda hanya membaca dari kisah saya, namun jika anda merasakan apa yang dialami sama si penjual martabak ini, kayaknya bisa nangis deh. Udah gak boleh numpang jualan, pindah-pindah terus, harus dorong gerobak jualan, belum lagi suara sumbang dari teman-teman pedagang yang agak jengkel dengannya. Para pedagang jengkel bukannya apa si, jengkel gara-gara si penjual martabak ini gak mau modal, disuruh sewa tempat sebulan Rp 200.000, 00 gak mau, dia maunya yang gratisan aja. Jaman gini maunya gratisan! Saya pikir wajar aja dia dijauhi sama penjual yang lain, maunya dapat untung gak mau modal si.

Dari cerita di atas mungkin ada sedikit ilmu yang harusnya anda pahami, jaman sekarang mau minum air putih aja musti bayar, apalagi mau usaha, tentu harus modal donk. Saya pernah kok nulis artikel yang berjudul Usaha tanpa Modal, dan dari artikel itu mungkin kita bisa memahami salah kaprahnya pikiran kita jika kita masih memikirkan untuk memulai usaha tanpa modal dengan harapan hasil yang besar. Kalau mau usaha harus modal! Lalu modalnya dari mana? Nyari donk! Ini ada rekomendasi sumber modal buat anda ( cara mendapatkan modal usaha).
Previous
Next Post »