5 Modal Utama di Bisnis Online

Bisnis online adalah sebuah trend yang sangat merebak akhir-akhir ini, banyak sekali website e-commerce yang bermunculan, media sosial dijadikan sebuah forum jual beli, dan banyaknya manusia yang semakin menggandrungi internet. Mereka (termasuk saya) mencoba mencari rejeki dari jalan di dunia maya ini. Namun ada 5 modal utama yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis online, yaitu :

Kepercayaan

Ada pepatah yang mengatakan karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Pepatah tersebut sangat cocok untuk bisnis di dunia maya, karena kepercayaan adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis online. Maklum saja saat ini sudah banyak terjadi kasus penipuan di bisnis online, dimana penjual kabur setelah mendapat kiriman uang, barang yang dikirim tidak sesuai pesanan, maupun pelanggan yang menipu penjual dengan bukti struk bank palsu. Jadi jika ingin sukses dalam bisnis online sebaiknya jagalah kepercayaan dari para pelanggan.

Pengetahuan Teknologi

Untuk sukses dalam bisnis online, kita wajib memilki pengetahuan teknologi, menguasai pemakaian smartphone, laptop, dan teknologi lainnya yang anda gunakan untuk menunjang bisnis. Tentu kita harus mengetahui tentang SEO (jika memiliki toko online sendiri), punya rekening pribadi, dan paham betul tentang bisnis online.

Saran yang Memadai

Setelah memiliki pengetahuan tentang teknologi, paling tidak anda memiliki sebuah laptop atau komputer. Karena menurut saya itu wajib anda miliki jika ingin sukses dalam bisnis online. Masa iya tiap hari mau ke warnet atau minjem temen kan gak asyk. Disamping peralatan, jaringan internet yang baik juga harus diperhatikan, jangan memaksakan bisnis online dengan paketan data harian, malu gan!

Up to Date

Update adalah sebuah kata wajib dalam dunia maya, entah di sosmed ataupun bisnis online, karena hampir setiap hari ada perubahan harga, barang baru, dan permintaan baru dari para pelanggan. Tentu saja jika ingin sukses, wajib update terus. Capek memang, namun hasilnya juga sebanding dengan kerja kerasnya.

Sabar

Jangan mencoba bisnis online jika anda tidak memiliki kesabaran yang tinggi!


Itulah 5 modal utama di bisnis online, semoga anda semua memilikinya dan saya doakan kita semua sukses di dalam dunia usaha yang kita banggakan ini, aamiin.
Previous
Next Post »