Kemampuan Berkomunikasi Seorang Pedagang

Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki seorang pengusaha atau lebih fokus kepada pedagang adalah kemampuan berkomunikasi, baik dengan pelanggan, relasi, atau dengan para karyawan, hal ini adalah salah satu poin yang sangat penting dan harus dimiliki. Bayangkan saja jika seorang penjual adalah pemalu, pendiam, dan pasif, tentu hal tersebut akan membuat pembeli jengkel dan malas untuk berkomuniasi dengannya yang bukan tidak mungkin akan menyebabkan para pembeli kabur.

Seorang pedagang haruslah cerewet, yang artinya pedagang tersebut wajib menjelaskan tentang produk yang dijualnya, darimana asalnya, bagaimana keadaannya, keunggulan dan kekurangannya, hal tersebut harus dimiliki oleh pedagang, dan tentu saja untuk mendapatkan keahlian seperti itu berarti seorang pedagang harus pandai dan paham informasi tentang produknya.

Seorang pedagang harus ramah, agar pelanggan betah saat berada di tempat anda, karena bukan tidak mungkin pelanggan yang betah akan datang lagi, atau akan membeli barang yang lain yang ada di tempat anda. Ramahnya seorang pedagang adalah senjata yang sangat hebat menurut saya, tentu saja anda wajib mempraktekkannya dan melihat perbedaannya saat anda belum ramah.

Seorang pedagang harus peduli, artinya saat ada pelanggan yang berbicara kita wajib mendengarkan, atau mungkin saja terkadang ada pembeli yang curhat maka kita harus mendengar dan memberinya saran yang baik, hal ini juga akan membawa dampak positif terhadap usaha anda.

Seorang pedagang wajib Pintar, inilah perbedaan seorang pedagang maju dan pedagang yang tidak maju, kepintaran mereka yang membedakan. Seorang pedagang yang memiliki informasi lebih tentu akan lebih disukai oleh pelanggan, karena bukan hanya mendapatkan barang dari tempat pembeli, pelanggan juga bisa mendapatkan informasi tambahan yang berguna.

Seorang pedagang wajib friendly, artinya ketika ada perbincangan antara pelanggan dan anda, jadikanlah mereka teman anda walaupun anda belum mengenalnya, iseng saja tanyakan keadaannya atau mungkin kerja, sekolah, atau yang lainnya. Pelanggan akan merasa dihargai saat anda bisa berteman dengannya, saya sudah membuktikannya sendiri dan menambah pelanggan saya loh.
Kemampuan seorang pedagang akan mecerminkan kemajuan usahanya dalam dinilai oleh pelanggan, hal itu akan membawa dampak yang sangat signifikan untuk anda. Dan harus kita akui bahwa kemampuan komunikasi seorang penjual sangatlah menjual.
Previous
Next Post »