Beberapa Alasan Pelanggan Tidak Jadi Membeli

Hey para penjual, pernahkah anda kedatangan pelanggan di toko anda, kemudian dia memilih-milih barang dagangannya sambil bertanya-tanya tentang kualitas dan harganya, dan entah kenapa tiba-tiba saja dia tidak jadi membeli lalu pergi keluar dari toko anda? Apakah anda jengkel dan memaki-maki pelanggan tersebut? Kalau yang anda lakukan seperti itu, maka anda adalah penjual yang buruk!

Kejadian seperti itu sudah sangat sering dialami oleh para penjual, dimana ada pembeli datang dan tidak jadi membeli di toko anda, jadi tidak usah merasa jengkel apalagi sampai memarahi dan memaki-makinya, itu tindakan orang bodoh. Sebenarnya ada beberapa alsan pelanggan enggan membeli di toko anda, diantaranya adalah :

Harga
Satu yang pasti akan menjadi pertimbangan seorang pembeli adalah harga, saat pembeli masuk ke sebuah toko dan dia mendapati bahwa harganya lebih mahal dari toko lain, maka 70% pembeli akan mengurungkan niatnya membeli di toko tersebut.
Kualitas
Kualitas barang yang jelek juga akan membuat pembeli enggan membeli sesuatu dari tempat kita, bukan hanya kualitas barang jualan, namun kualitas tempat dan pelayanan juga sangat mempengaruhinya.
Kuantitas
Jika ada pembeli yang datang melihat-lihat koleksi produk yang ada di toko kita, dan dia mendapati bahwa koleksi kita hanya sedikit saja, maka ini akan menjadikan alasannya enggan membeli di toko kita, karena menurut beberapa pembeli yang saya tanyai, mereka datang ke toko sambil memilih-milih barang yang lain, jadi saat stok barang di tok itu ramai, dia akan betah disana.

Sikap Penjual
Saya memiliki kenalan seorang penjual yang menurut saya salah dalam menangani pelanggan, kalau ada pelanggan datang dan menawar atau hanya tanya-tanya saja, dia langsung menuliskannya di status FB, what the...?!  Kesalahan fatal saat penjual mengeluhkan atau menjelek-jelekkan pembeli di sosmed, jangan salahkan jika nantinya akan ada pembeli yang marah-marah dan membuat anda malu. Sebagai pembeli, ramahlah kepada pelanggan, layani mereka dengan sabar, pembeli itu raja loh.

Daya beli 
Semurah apapun harga yang anda tawarkan, sebagus apapun kualitas barang dagangan anda, dan sebanyak apapun usaha anda, kalau sang pembeli tidak membawa uang yang cukup maka dia tidak akan membelinya pada saat itu, kecuali sang pembeli ngutang dulu xixixi.

Survey 
Jangan salah paham dengan tukang survei, mereka sebenarnya penjual yang menyamar sebagai pembeli guna mendapatkan informasi dari tempat anda, biasanya mereka hanya tanya-tanya saja. Yah kita harus tetap melayani mereka seperti pelanggan yang lain juga.
Jadi itu beberapa alasan kenapa pembeli tidak jadi membeli di toko kita, jangan marah-marah apalagi melecehkan mereka, karena mereka itu raja. Barangkali dengan tidak membeli saat itu, dia akan datang lagi beberapa hari kemudian dan membeli lebih banyak atau membawa pelanggan lainnya, jadi tetap berfikir postif aja deh.
Previous
Next Post »