Investasi Tanah Menguntungkan

Tahukah jika orang-orang di desa saya memiliki pemikiran bahwa orang kaya adalah mereka yang memiliki banyak tanah, benarkah? Saya rasa itu hal yang lumrah, dan bukan hanya di desa saya saja. Bayangkan saja sepetak tanah yang beberapa tahun yang lalu dibeli dengan harga Rp 2.000.000, 00, kini ditawarkan dengan harga Rp 400.000.000, 00, hitung sendiri deh keuntungan tiap tahunnya.

Tanah adalah salah satu investasi masa depan yang sangat bagus untuk dipilih, resiko kerugian dari pembelian tanah sangatlah kecil. Andaikan saja kita terlalu mahal dalam membeli sebuah lahan, tenang saja, tinggal tunggu beberapa tahun saja pasti harganya sudah kembali naik dan anda akan untung jika menjualnya, apalagi jika kita bisa membeli dengan murah dan menjual dengan harga yang mahal, tentu hal itu sangat menguntungkan.

Namun ternyata investasi tanah bukan hanya dalam bentuk jual-beli saja, masih ada investasi tanah dengan sistem penyewaan. Saya pernah menemui sebuah sistem bisnis seperti itu, jadi seorang pemborong menyewa sebuah lahan di pinggir jalan dengan durasi selama 10 tahun sebesar Rp 100.000.000, 00, lalu dia membangun 5 kios untuk disewakan dengan harga sewa sebesar Rp 7.000.000, 00 per tahun. Dalam jangka waktu 10 tahun tersebut, total penyewaan kios tersebut mencapai Rp 350.000.000, 00 dikurangi harga sewa tanah sebesar 100 juta dan biaya pembangunan serta perawatan kira-kira sebesar 100 juta, maka pemborong tersebut mendapatkan keuntungan sebesar Rp 150.000.000, 00 dalam 10 tahun (15 juta/bulan) tanpa terlalu aktif bekerja, dan ternyata dia tidak hanya memiliki satu tempat saja.

Jika anda seorang yang pandai bercocok tanam, mungkin saja anda bisa mengolah tanah dengan menanam tumbuhan yang memiliki nilai komersil. Pengalaman saya dengan seorang pensiunan TNI, dia menanam pohon albasia di halaman belakang rumahnya yang memang luas, dengan modal tidak smapai 1 juta saat itu, lewat 5 tahun saja sudah menghasilkan hingga sekitar 30 juta, dan tentu saja dia tidak terlalu keras dalam bekerja menghasilkan dari lahannya tersebut.

Banyak sekali keuntungan dari investasi tanah saat ini, selain jual beli tanah, bisa juga menyewakannya dalam bentuk tanah, kita juga bisa membangun kios (jika di pinggir jalan), membangun kontrakan, atau membangun rumah dan menyewakannya. Tentu saja modal untuk memulai investasi ini tidak sedikit, mengingat harga tanah saat ini semakin mahal saja. Namun tidak menutup kemungkinan untuk kita bisa ikut andil dalam investasi tanah demi masa depan kita. Asalkan ada niat, kita semua memiliki kesempatan untuk menjadi juragan tanah hehehee
Previous
Next Post »