Peluang Usaha Budidaya Ikan Air Tawar

Kalau anda seorang yang pemalu dan merasa minder dengan yang namanya jual-beli atau anda enggan untuk bertemu banyak orang dalam usaha anda, maka ada baiknya anda mencoba usaha budidaya ikan ini. Usaha ini adalah usaha mudah dan tidak memerlukan banyak keahlian memasarkan, karena yang ada anda dicari oleh pembeli.
 Banyak sekali ikan air tawar yang bisa kita budidayakan, beberapa ikan air tawar dengan nilai ekonomi tinggi diantaranya adalah ikan gurami, ikan lele, ikan mujair, ikan nila, ikan mas, dan ikan lain yang bisa anda ternakkan di sekitar tempat tinggal anda. Tempat untuk pembudidayaan ikan adalah kolam, entah kolam tanah atau kolam terpal, keduanya bisa kita gunakan untuk membudidayakan ikan, yang terpenting adalah kita tahu keadaan dan kebutuhan dari jenis ikan yang akan kita pelihara. Kalau masalah pakan, saya rasa kita bisa mendapatkannnya dengan mudah karena banyak sekali toko yang menyediakan berbagai jenis pakan dan perlengkapan untuk pembudidayaan ikan, belum lagi bahan makanan alami yang ada di sekitar kita seperti sayuran, dan daun-daunan lainnya.

Usaha budidaya ikan adalah sebuah usaha yang berhubungan dengan hewan bernyawa, jadi mau tidak mau kita harus merawat dan mengurusnya agar tetap hidup dan cepat tumbuh sehingga akan cepat memberikan kita keuntungan. Banyak sekali jenis budidaya ikan yang bisa kita pilih, antara lain : 
  • Pemijahan ikan yang menghasilkan telur, dari situ saja kita bisa langusng mendapatkan keuntungan dengan penjualannya.
  • Penetasan telur ikan, keuntungan dari jenis usaha ini bisa berlipat ganda jika kita tahu cara melakukannya.
  • Pembesaran benih ikan, usaha ini memerlukan perawatan dan waktu yang lumayan lama (sekitar 3-6 bulan) namun jangan tanya berapa keuntungan yang bisa diperoleh.
  • Pembibitan adalah proses budidaya ikan untuk mendapatkan bibit ikan berkualitas, dengan harga yang lumayan mahal, bisa juga dicoba.
Usaha budidaya ikan adalah usaha yang pernah saya coba, namun karena kesibukan dan ilmu yang masih sangat minim membuat usaha saya tersebut belum menemui sebuah keberhasilan yang menjadi target saya, namun tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti saya akan memulai usaha tersebut, karena saya menyukai usaha ini dan saya tahu keuntungan yang ada dalam usaha ini.
usaha budidaya ikan
Ayo buat anda yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk membuka usaha, anda bisa mencoba membuka usaha dengan membudidayakan ikan air tawar di sekitar rumah anda, yang penting yakin dan mulai, bukan hanya dipikirkan keuntungannya saja.
Previous
Next Post »