Kenapa Saya tidak Daftar Kerja?

Setelah bertahun-tahun belajar dari SD (ane gak masuk TK), SMP, SMA, Kuliah, dan sekarang lulus sebagai sarjana, tentu ada sebagian orang yang bertanya kepada saya "kerja dimana sekarang?", "sudah daftar kerja dimana?", "sudah lulus langsung kerja yah?", dan pertanyaan lainnya yang berkaitan dengan dunia pekerjaan. Lalu saya jawab apa? Susah menjelaskan kepada mereka karena masing-masing yang bertanya memiliki pandangan yang berbeda-beda si.

Misalkan saja yang bertanya adalah orang yang bekerja, tau jabatan, kehormatan, dan uang, maka saya akan sangat susah menjelaskan kepada mereka, karena mereka memiliki pemikiran "sekolah, dapat nilai bagus, kerja di kantor pemerintah, dapat gaji tinggi, jaminan, tunjangan, dan pensiunan". Nah loh, susah kan kalau saya harus menjelaskan bahwa saya ingin mencoba jalan dalam dunia wirausaha ini, pasti ujung-ujungnya mereka akan menjawab Buat apa sekolah tinggi kalau hanya jadi pedagang. Saya tahu kata mereka dan saya menghargai jawaban mereka, ah mereka gak salah kok karena lingkungan dan ilmu mereka berbeda dengan apa yang saya dapatkan dan saya pelajari.

Sebenarnya terkadang saya juga bingung untuk menjawab pertanyaan seperti itu, kalau yang bertanya orang yang tidak saya kenal maka saya takut salah menjawab dan akhirnya yang ada salah paham aja. Namun mau gimana lagi, ini adalah jalan hidup saya untuk menjadi seorang yang berkecimpung dalam dunia wirausaha. Dan sebenarnya saya juga punya alasan untuk tidak bekerja, saya bingung dengan formalitas dunia kerja, saya males buat mengikuti tahap demi tahap dalam melamar kerja, saya malas untuk interview kerja, saya malas untuk menjadi bawahan, saya malah disuruh-suruh, dan saya malas hidup dengan keadaan yang flat seperti itu saja, makanya saya memilih dunia usaha karena dunia usaha ini memiliki banyak sekali tantangan dan harapan yang tidak pasti, tidak seperti pekerja yang memiliki tanggal muda saatnya gajian.
Jadi intinya itu, saya tidak suka menjadi bawahan, saya enggan ribet, dan lain sebagainya di dunia kerja, ditambah cita-cita saya memang di dunia usaha ini, so ini adalah pilihan saya dan saya menjalaninya dangan enjoy. Nantinya saya ingin bikin kaos kayak kaosnya para blogger yang ada tulisannya "jangan tanya gue kerja dimana" heheheee.
Previous
Next Post »