Pengangguran adalah Status yang Sangat Menyakitkan!

Entah anda setuju atau tidak, bagi saya pengangguran adalah keadaan saya yang sangat menyakitkan. Bagaimana tidak menyakitkan, saat orang tua yang telah lama merawat dan menyekolahkan saya bertanya dengan nada yang menekan "kamu kapan kerja? Kan sudah lulus", atau "mau jadi apa kamu, nganggur terus". Belum lagi kalau tetangga, teman-teman, saudara, pacar, calon mertua, dan orang lain di sekitar kita menanyakan perihal keadaa kita, hal itu akan membuat kita semakin jatuh saja.

Dulu sewaktu saya nganggur, rasanya hidup itu pahit banget, pertama karena tidak ada kegiatan, tidak punya uang, dan terkesan tak berguna. Saat mulai bekerja sebagai kuli, tidak terlalu merubah keadaan saya, setelah selesai kerja dan mulai usaha saya masih menghadapi keadaan yang sulit, ternyata hidup ini memang penuh dengan perjuangan.

Banyak sekali pengalaman hidup yang sudah saya rasakan, pengalaman-pengalaman itu benar-benar sebuah pelajaran yang sangat berharga. Hingga kini saya masih ingat orang-orang baik yang sudah membantu dan membimbing saya dikala susah, dan beberapa orang yang menghina, melecehkan, dan merendahkan saya karena saat itu dia memiliki lebih dari saya, namun saya tidak dendam kepada mereka, saya hanya menjadikan kenangan agar saya tidak menjadi orang seperti itu.

Sesusah-susahnya usaha, seberat-beratnya kerja, masih lebih susah dan berat saat memiliki status pengangguran, hidup serba salah. Pagi hari, mau di rumah kena marah sama orang tua, pergi main gak punya uang, nongkrong sama teman juga kena marah gara-gara melakukan kegiatan yang kurang berguna, nyari kerja gak nemu lowongan, mau usaha gak tau apa-apa gak punya modal juga, wehhh itu adalah saat di mana hampir putus asa, pintu rejeki seakan tertutup untu saya sang pengangguran ini,. Namun dengan kesabaran dan perjuangan akhirnya status pengangguran itu hilang juga, dan sedikit demi sedikit ada kegiatan yang bermanfaat yang bisa saya lakukan, entah itu kegiatan sosial, atau sekedar membantu tetangga.
Bagi kalian yang sedang mengalami hal seperti yang saya alami dulu, bersabarlah dan jadilah orang yang aktif, perbanyak kegiatan positif (kalau bisa yang menghasilkan uang) agar ada pandangan untuk hari depan, oh iya satu lagi, kalau saat ini umur anda sudah di atas 17 tahu, jangan minta duit mulu sama orang tua, malu!
Previous
Next Post »