Di Sekolah Pelajaran Kewirausahaan Wajib, tapi kok Sedikit yang Berwirausaha

Di masa Sekolah tentunya kita mengenal mata pelajaran tentang Kewirausahaan (Entrepreneurship), dan kita diajari beberapa ilmu tentang kewirausahaan, tokoh-tokoh terkenal para pengusaha sukses, teori dunia usaha, dan segala macam yang berhubungan dengan dunia usaha. Namun saya yakin, 80% siswa yang mendapat pelajaran tersebut tidak menyukainya dan terkesan terpaksa mengikutinya, kenapa? Terus kalaupun lulus, para siswa tidak mempraktekkan pelajaran kewirausahaan tersebut, kenapa? Hampir 80% siswa yang lulus akan mencari pekerjaan, 15% nganggur, dan 5% bahkan lebih terpaksa jualan atau membuka usaha lain karena terpaksa, kenapa? Dari yang pernah saya alami, ini adalah alasan kenapa pelajaran kewirausahaan di sekolah tidak efektif :
  1. Mata pelajaran Kewirausahaan adalah program pemerintah untuk mengurangi para pencari kerja dan mengalihkan mereka untuk menjadi seorang pengusaha muda guna menaikkan jumlah para pengusaha di negri ini, namun mereka hanya memberi teori dan kurang mendukung secara tepat dan serius.
  2. Guru yang mengajar pelajaran ini adalah seorang karyawan dengan gaji bulanan, memberikan teori dengan membaca buku, dan memberikan praktek dengan mengikuti apa yang ada di buku pelajaran, lalu dimana contoh nyatanya? Bukankah GURU itu singkatan diGUgu (diperhatikan perkataannya) dan ditiRU (dicontoh tindakannya).
  3. Praktek yang diberikan akan memberikan pola pikir negatif, contoh saja sebuah SMK memberikan tugas kepada siswa untuk memasarkan produk (biasanya susu atau jajanan) dengan target harus laku semua, tentu tugas tersebut memberatkan para siswa dan membuat mereka berfikir bahwa dunia usaha adalah sesuatu yang berat dan sulit.
  4. Siswa menganggap pelajaran Kewirausahaan adalah pelajaran sampingan yang tidak penting. Jujur saja pelajaran ini wajib, namun tidak memiliki bobot nilai yang terlalu penting guna mempengaruhi kelulusan.
  5. Banyak lowongan kerja, namun sedikit peluang usaha! Jika anda maksud dengan kalimat ini, anda akan mengerti maksud saya.
Itulah beberapa alasan kenapa Di Sekolah Pelajaran Kewirausahaan Wajib, tapi kok Sedikit yang Berwirausaha menurut saya sendiri, karena jujur saja dulu waktu kuliah saat saya mendapatkan mata kuliah Entrepreneurship, saya tidak paham sama sekali itu mata kuliah apa dan untuk apa, dan dosen yang mengajar hanya mengikuti apa yang ada di modul tanpa menunjukkan arah tujuan dari mata kuliah ini.
Yah saya hanya berharap jika pemerintah memang benar-benar ingin membangkitkan semangat berwirausaha di negri ini, seharusnya mereka serius memberikan dukungan, jadi tidak terkesan hanya formalitas saja dan malah membuat citra buruk terhadap para siswa yang mendapat pelajaran kewirausahaan.
Previous
Next Post »