Jangan Terlalu Percaya dengan Berita di Internet

Saya menuliskan catatan ini untuk memperingatkan semuanya, agar tidak terlalu terbawa dengan suasana yang sebenarnya kita tidak tahu menahu kebenarannya. Nantinya kita akan seperti air diatas daun talas, bergerak tak tentu arah terombang ambing mengikuti goyangan berita.

Sebagai contoh saja, kemarin heboh berita tentang tragedi Mina, dimana banyak jamaah Haji yang meninggal karena terinjak-injak oleh jamaah lainnya. Beberapa media berita Islam langsung mengeluarkan berita menurut pendapat mereka sendiri, menyudutkan pihak Arab Saudi, menyalahkan syi'ah, dan lain sebagainya. Yang saya lihat, ada lebih dari 10 versi tentang penyebab dan kambing hitam yang dijadikan penarik untuk para pembaca agar mampir ke web tersebut. Yang terjadi adalah kebencian netizen awam kepada salah satu pihak yang disudutkan oleh media tersebut, tanpa tahu kejadian yang sebenarnya, sedangkan website berita tersebut dengan seenaknya bisa menuduh pihak lain, mereka berdalih bahwa mereka memiliki sumber yang jelas dari luar negri (coba si cek sendiri, jangan copas berita aja!).

Begitu pula dengan dunia wirausaha ini, saya sendiri pernah tertipu saat melakukan budidaya ikan dan tanaman, saya mengikuti tulisan di salah satu blog, dan di situ dituliskan dengan sangat meyakinkan seakan yang menulis adalah mereka yang sukses dan telah berpengalaman, namun saat saya praktekkan yang ada malah hancur usaha saya, tanaman dan ternak saya gagal, banyak yang mati, banyak yang tidak berkembang dan yang ada malah rugi. Apa saya bisa menyalahkan sumber informasi yang saya dapatkan dari blog yang saya baca? Tentu tidak! Mereka hanya menyediakan informasi, baik dari pengalaman mereka, dari sumber yang jelas, maupun dari tulisan tetangga alias copas, yah itu hak mereka sih. Yang seharusnya kita lakukan adalah menjadi seorang pembaca yang cerdas, jadi jangan langsung percaya apa yang ada di internet, kalau bisa carilah berita atau informasi lain yang berbeda, dan bandingkan mana yang lebih baik.
Terkadang informasi di internet asal nulis saja, jadi kita harus berhati-hati saat membaca sesuatu di internet ini. Seperti tulisan di blog saya ini, kenapa tulisannya berantakan dan terkesan asal-asalan, karena saya menuliskan apa yang ada di pikiran saya, apa yang pernah saya alami, dan apa yang saya cita-citakan dalam dunia wirausaha ini, jadi jika ada artikel yang terkesan aneh dan gak penting ya harap maklum saja, saya bukan penulis yang baik, saya hanya ingin berbagi pengalaman dan barangkali ada informasi bermanfaat yang saya punya.
Previous
Next Post »