Investasi Tepat untuk Gaji dibawah 5juta

Siapa bilang berinvestasi hanya untuk mereka yang kaya? Bagi kita yang memiliki penghasilan dibawah 5juta juga bisa loh. Investasi kan salah satu aset kita yang dibangun untuk masa depan, yah kalau saya bilang si semacam tabungan namun lebih bermanfaat dan tentunya lebih baik jika dibandingkan tabungan. Investasi itu penting (yang penting jangan investasi bodong), karena mencerminkan pribadi kita dalam menatap masa depan, semua orang berinvestasi dengan berbagai caranya sendiri.

Masalah yang kita hadapi saat ini bagi yang bergaji dibawah 5juta adalah merasa kecil, merasa belum mampu, dan mungkin tidak mampu untuk membangun sebuah investasi. Itu hanya pikiran negatif kita saja, karena sebenarnya investasi adalah hak semua orang dengan berapapun penghasilan yang di dapat. Untuk kita yang bergaji di bawah 5 juta, saya memiliki sebuah saran yang sudah dipraktekkan dan berhasil, sebuah cara berinvestasi untuk masa depan.

Jika kita memiliki gaji 5juta, usahakan menabung setiap bulan 1-2juta (jika ingin cepat dapat investasi bisa nabung 2juta atau lebih, jika main santai bisa 1juta, namun usahakan jangan dibawah 1juta). Target kita adalah 1tahun, dalam satu tahun kita akan mendapatkan dana segar sebesar Rp 24.000.000, 00 (2 x 12). Dengan dana segar sebesar itu, maka dalam satu tahun paling tidak kita sudah memiliki sebuah toko atau usaha lain yang berjalan. Kita bisa memulai usaha tersebut sebagai sampingan kita, atau kita mempercayakan kepada orang lain dan kita hanya berstatus sebagai owner. Dalam satu tahun kita mendapatkan satu usaha, dan dalam 3 tahun saya pikir kita bisa memiliki 5 usaha karena setiap tahun kita bisa meningkatkan jumalah investasi kita, dan saat kita sudah lelah bekerja maka investasi kita yang akan bekerja untuk kita dan mungkin selamanya karena itu adalah sebuah sistem bisnis.

Bingung mau buka usaha apa untuk investasi? Banyak pilihannya kok, buka warung, buka toko baju, buka jasa laundry, buka rumah makan, dan usaha lainnya. Intinya adalah dalam berinvestasi, yang kita ingat adalah target jangka panjang, jadi masalah hasil bukan menjadi fokus utama kita, karena hasil yang sesungguhnya akan kita dapat beberapa bulan atau tahun kemudian. Kesalahan investasi yang sering saya temukan adalah saat para pegawai berpenghasilan lebih sibuk menginvestasikan uangnya untuk membeli motor, mobil, gadjet, atau bahkan rumah, dan semua hal itu sebenarnya tidak terlalu penting saat itu, mereka membelinya karena mereka sedang memiliki uang dan mereka ingin membelanjakannya dengan harapan itu menjadi sebuah investasi yang tepat, namun sebenarnya salah karena setiap waktu barang tersebut akan semakin murah harganya, bukannya berinvestasi namun malah mengurangi uang kita secara bertahap.
investasi 5juta
Tidak peduli seberapa kecil penghasilan kita, jika kita memang memiliki niat untuk memikirkan masa depan, maka kita akan memikirkan sebuah investasi jangka panjang yang menguntungkan, dan semua itu memang sulit dan berat, namun hasilnya akan sepadan dengan perjuangan kita, ayo mulailah berinvestasi dan tataplah masa depan dengan bangga.
Previous
Next Post »