Usaha juga perlu dirawat

Andaikan kita menanam pohon, dan membiarkannya saja apakah pohon tersebut akan segera tumbuh dan berbuah untuk kita? Andaikan kita berternak ayam dan tidak memberinya makan apakah ayam tersebut akan tumbuh dan bisa berguna untuk kita? Mungkin jawabannya bisa iya bisa tidak, tanaman dan hewan akan tumbuh dengan sendirinya karena bisa mencari makan sendiri, namun bagaimana jika kita rajin merawatnya? Tentu saja hasil yang akan kita dapatkan akan lebih baik.

Begitu pula dengan usaha yang kita bangun, kalau kita hanya membuka saja dan meninggalkannya dengan harapan usaha tersebut akan tumbuh dengan sendirinya, maka bisa saja sih tumbuh tapi biasanya akan memerlukan waktu yang sangat lama, namun tidak menutup kemungkinan usaha tersebut akan runtuh karena tidak ada perawatan dari pemiliknya. Seperti kemarin saat saya agak sedikit kecewa dengan teman saya yang bekerjasama dengan saya, setelah membuka usaha dan memodalinya, kini teman saya seakan lepas tangan dan tidak mau mengurusi usahanya, yah gak salah kalau sekarang usahanya semakin anjlok dan sepi, karena tidak ada gerakan untuk merawatnya. Tentu kita harus merawat dan mengembangkan usaha yang kita bangun, berusaha agar terus tumbuh dan menghidupi kita, bukan hanya menunggu gajian di akhir bulan, ingat bos kita pengusaha bukan pegawai.

Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum, jika kaum itu tidak berusaha mengubahnya sendiri, artinya kita harus berusaha dan Tuhan yang akan memberikan jalan untuk kita, kalau kita tidak mau berusaha maka jangan berharap kesuksesan akan datang dengan sendirinya, karena semua yang terjadi di dunia ini memiliki sambungan dan sebab akibatnya. Jika usaha anda sepi, maka usahakanlah untuk menangani penyebabnya, kalau bisa fokus agar usahanya bisa ramai kembali, bukannya karena dagangan sepi malah dibiarkan dan tidak dilanjutkan (baca : toko sepi, jadi malas buka).
Ingat baik-baik para pengusaha, jangan berfikir bahwa usaha yang dibiarkan saja akan tumbuh dengan sendirinya, yang dirawat aja masih susah tumbuh apalagi yang dibiarkan, pesan saya jangan memaksakan keberuntunganmu!. Usaha itu berusaha, bukan pasif menunggu saja!
Previous
Next Post »