Bisakah Mengubah Hobi Menjadi Peluang Usaha?

Pekerjaan yang paling enak adalah ketika hobi yang kita tekuni menjadi sumber penghasilan kita, itulah kata beberapa orang yang sukses mengubah hobinya menjadi sebuah peluang bisnis dan menghasilkan pemasukan pasti untuk mereka. Lalu apakah hobi kita bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan juga? Lihat dulu apa hobi anda saat ini, apakah hobi tersebut bermanfaat dan memiliki nilai komersil? Atau hobi anda hanya sebuah kegiatan negatif yang merugikan? Anda tentu harus menilainya bukan hanya dari sisi anda sendiri, namun tanyakan pada orang-orang di dekat anda dan dengarkan tanggapan mereka.

Saya memiliki beberapa teman yang hobi dengan dunia fotografi, awalnya mereka hanya ikut-ikutan karena menyukai keindahan sebuah foto dan ingin mempelajari ilmu tentang fotografi. Kemudian beberapa diantara mereka ada yang berkembang, ada yang diam di tempat, dan ada yang mengalami kemunduran. Mereka yang berkembang adalah teman saya yang menjadikan ilmu dan relasi dalam dunia fotografi sebagai sebuah peluang usaha. Mereka mulai mencari para pelanggan yang ingin membuat kenangan di moment prewedding, pernikahan, dan foto keluarga. Tarif mereka saat ini lumayan tinggi loh, satu moment bisa mencapai Rp 500.000, dan hanya memerlukan 2 hari pengerjaan oleh 2 orang saja. Mereka mendapatkan penghasilan dari hobi yang mereka senangi, dan saya yakin jika mereka terus serius dalam dunianya, maka tak menutup kemungkinan mereka akan membuka sebuah galeri foto atau studio foto. Untuk teman saya yang diam di tempat yaitu mereka yang tidak memperoleh penghasilan dari hobinya, mereka hanya puas saat mendapatkan foto bagus dan mendapat banyak like saat di upload ke sosmed, bagi mereka hobi adalah kesenangan saja. Sementara untuk teman saya yang mengalami kemunduran adalah mereka yang akhirnya menjual kameranya karena sudah terlalu banyak mengeluarkan uang, sudah bosan, dan ada juga yang sudah menemukan hobi baru lagi. Yah itu semua pilihan mereka masing-masing.

Setiap orang memiliki hobi dan setiap orang memiliki kemampuan untuk berkembang, namun tidak semua orang mampu mengembangkan hobinya menjadi sebuah peluang usaha yang menghasilkan Rupiah untuk mereka. Bagi jiwa pedagang, saat ada sebuah moment ramai yang muncul, seperti dunia fotografi ini, mereka akan langsung bergerak untuk menjual kamera dan perlengkapannya, yah mereka adalah orang-orang berjiwa wirausaha yang pandai melihat peluang.

Jadi, bisakah mengubah hobi menjadi peluang usaha? Itu semua tergantung anda menyikapinya.
Previous
Next Post »